Pages

Minggu, 08 November 2015

Apa sih Adobe Photoshop itu ??

 Yukk Belajar Apa Itu Adobe Photoshop

Fajri Awaliyah/ awaliyahfajri@gmail.com



Adobe Photoshop merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai editor gambar atau foto yang dibuat oleh Adobe Systems. Dengan photoshop kita bisa mengedit foto atau gambar dengan memberikan efek-efek tertentu yang kita inginkan. Nah, bagi kalian yang ingin fotonya lebih bagus lagi, bisa gunakan Adobe Photoshop ini untuk mengedit fotomu. Banyak juga Lho fotografer digital dan perusahaan-perusahaan  iklan yang memakai perangkat lunak ini, sehingga Adobe Photoshop dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems, waw keren bukan ??

Setelah mengetahui apa itu Adobe Photoshop, pasti pada pengin tahu kan bagaimana sih sejarah perkembangan Adobe Photoshop ini dari awal kemunculannya sampai sekarang ini hingga dianggap sebagai market leader atau pemimpin pasar untuk perangkat lunak pengolah gambar. Bagini nih sejarahnya. Pada tahun 1987, Thomas Knoll, mahasiswa PhD di Universitas Michigan, mulai menulis sebuah program pada Macintosh Plus-nya untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom. Program inilah yang disebut Display, menarik perhatian saudaranya John Knoll, seorang karyawan di Industrial Light & Magic, yang merekomendasikan Thomas agar mengubah programnya menjadi program penyunting gambar penuh. Thomas mengambil enam bulan istirahat dari studi pada tahun 1988 untuk berkolaborasi dengan saudaranya pada program itu, yang telah diubah namanya menjadi ImagePro. Nah, Setelah tahun itu, Thomas mengubah nama programnya menjadi Photoshop dan bekerja dalam jangka pendek dengan produsen scanner Barneyscan untuk mendistribusikan salinan dari program tersebut dengan slide scanner; “total sekitar 200 salinan Photoshop telah dikirimkan” dengan cara ini. Selama waktu itu, John bepergian ke Silicon Valley di California dan memberikan demonstrasi program itu kepada insinyur di Apple Computer Inc. dan Russell Brown, direktur seni di Adobe. Kedua demonstrasi itu berhasil, dan Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada bulan September 1988. Sementara John bekerja pada plug-in di California, Thomas tetap di Ann Arbor untuk menulis kode program. Photoshop 1.0 dirilis pada 1990 khusus untuk Macintosh. Begitulah cerita sejarah tentang awal mula adanya Adobe Photoshop.
Photoshop memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis gambar dengan berbagai format, baik raster maupun vektor seperti .png, .gif, .jpeg, dan lain-lain. Photoshop juga memiliki beberapa format file khas seperti PSD atau Photoshop Dokument, format ini menyimpan gambar dalam bentuk layer, termasuk teks, mask, opacity, blend mode, channel warna, dll.  Itulah yang membuat photoshop begitu populer di kalangan masyarakat, sampai-sampai Kepopuleran photoshop membuat format file ini digunakan secara luas, sehingga memaksa programer program penyunting gambar lainnya menambahkan kemampuan untuk membaca format PSD dalam perangkat lunak mereka.
Di dalam Adobe Photoshop terdapat berbagai tool yang dapat digunakan dalam melakukan pengeditan. Apa saja tool-tool itu ?? tool yang ada di photoshop jumlahnya sekitar 12 tool, tapi itu tergantung dari tipe photoshop yang digunakan. Ini nih tool yang ada di dalam photoshop:
  •  History Brush Tool
  • Eraser Tool
  • Path Selection Tool
  • Direct Selection tool
  •  Pen Tool
  • Shape Tool
  • Brush Tool
  •  Audio Annotation Tool
  •  Eyedropper Tool
  • Measure Tool
  • Text Tool
  • Hand Tool

Nah, sekarang sudah tahu kan tentang Adobe Photoshop. Setelah membaca artikel ini, silahkan teman-teman mempelajari lebih dalam lagi tentang bagaimana cara mengoperasikan photoshop untuk mengedit gambar atau foto teman-teman yang kurang bagus agar lebih bagus.


0 komentar:

Posting Komentar